Cermat Sebelum Membeli, Jangan Termakan Rayuan Di Balik Harga Jual Apartemen

Properti seringkali dianggap sebagai sarana berinvestasi yang menguntungkan. Memang tak dapat disangkal harga properti cenderung selalu terus meningkat, walaupun tentu saja terdapat pula beberapa kondisi yang menyebabkan harga properti menurun.

“Membeli properti adalah salah satu pembelian terbesar yang akan dilakukan setiap orang dalam hidupnya. Oleh karena itu, membuat pilihan yang tepat sangatlah penting karena dianggap sebagai investasi di mana pemilik dapat meraup untung pada saat yang tepat.” ujar SVP CapitaLand Singapore, Malaysia, Indonesia, Sharon SNG.

Oleh karena itu, bagi yang berinvestasi di properti khususnya apartemen sebaiknya tidak sembarangan dalam membeli. Lakukanlah riset terlebih dahulu sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan di ketahui sebelum membeli apartemen seperti harga, efisiensi suatu area unit apartemen, fasilitas dan tren hunian apartemen kedepannya.

Efisiensi

Apa yang dimaksud dengan efisiensi apartemen? Jika Anda memiliki apartemen/berniat membeli apartemen, Anda harus memahami perbedaan istilah SGA dan NFA. Saat hendak berinvestasi properti, manakah yang lebih penting? Bagaimana cara menghitung nilai SGA dan NFA Anda? Lead Arsitek The Stature, Archica Danisworo, menjelaskan perbedaan dan menyoroti pertimbangan yang harus dilihat investor dalam membeli sebuah apartemen.

SGA (Semi Gross Area) adalah area unit nett ditambah dengan luas area bersama, yang dibagi secara proposional terhadap seluruh unit yang ada di lantai dimaksud.

NFA (Nett Floor Area) adalah area unit internal termasuk area balkon di dalam unit, serta lift lobi pribadi yang ada di dalam unit.

Saat mencari properti untuk diinvetasikan, konsumen harus fokus terhadap nilai NFA karena itulah luas sesungguhnya dari sebuah unit apartemen yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen. Pemahaman terhadap efisiensi apartemen ini penting supaya Anda dapat memaksimalkan nilai investasi.

Secara umum, angka efisiensi apartemen berkisar antara 15%-20%, sehingga nett area yang dapat dinikmati oleh pemilik apartemen hanya sekitar 80%-85% dari area semi-gross. Jadi, jangan heran apabila Anda sering merasa ukuran unit apartemen Anda tidak sesuai dengan luas area yang tercantum dalam brosur. Hal ini juga menjadi tantangan bagi para arsitek dan pengembang properti untuk  menciptakan produk properti berkualitas dengan efisiensi yang lebih baik.

Rasio efisiensi apartemen pada umumnya berkisar 18-25%. Rasio di bawah angka 18% termasuk efisien, sehingga apabila angka efisiensi berada di bawah 15%, berarti sangat efisien.

Rasio efisiensi ini pada akhirnya menentukan nilai dan harga sesungguhnya dari properti tersebut. Harga jual properti, khususnya apartemen, pada umumnya merujuk ke SGA (Semi Gross Area) bukan ke NFA (Nett Floor Area).

Berikut adalah langkah-langkah untuk membandingkan rasio efisiensi sebelum membeli:

1. Melakukan survey atas beberapa property yang sekelas atau sejenis.

2. Cari tahu luas SGA dan luas NFA unit yang diinginkan, serta harga yang ditawarkan.

3. Lakukan konversi harga unit ke luas NFA (Net Floor Area), bukan ke SGA (Semi Gross Area).

Dengan langkah sederhana tersebut, maka konsumen akan mendapatkan perkiraan properti yang paling efisien dan kompetitif secara harga, sebelum akhirnya memutuskan melakukan pembelian. 

Fasilitas dan tren

Tren apartemen mewah di Jakarta saat ini sedang berkembang pesat. Seiring berjalannya waktu, tentunya tren dan tuntutan standar properti khususnya apartemen mewah terus berubah dan meningkat. Berikut adalah beberapa fasilitas yang saat ini telah menjadi standar umum:

– Plafon dengan ketinggian 3.5m sudah menjadi ukuran dan tuntutan guna mendapatkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Plafon yang tinggi, memungkinkan penghuni memasang elemen dekorasi mewah seperti adanya lampu kristal atau “Chandelier”.

– Private lift telah menjadi fasilitas standar pada apartemen mewah. Sebagian pengembang apartemen mewah mulai menyediakan lebih dari 1-unit private lift untuk melayani setiap unit apartemen. Hal ini guna mengantisipasi sewaktu dilakukan perbaikan atau maintenance, sehingga para penghuni tidak perlu beralih ke lift service atau lift kebakaran.

– Fasilitas standar lainnya antara lain area ruang terbuka yang luas dan lingkungan yang ramah anak-anak dan keluarga, jaringan internet super cepat, concierge 24 jam, dan area penghijauan seperti area taman, hingga lokasi yang strategis.

Reporter: Sponsored
Editor: Evelyne Lee

Reporter: Sponsored
Editor: Evelyne Lee

ADS