Trik Bayar Angsuran Kredit Motor Tepat Waktu

Kebutuhan memiliki motor semakin lama semakin besar. Bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti berangkat ke kantor, motor biasa juga dimanfaatkan untuk urusan bisnis yang bisa menghasilkan banyak uang. Tidak jarang banyak orang yang tergiur untuk memiliki sepeda motor dengan mengambil jalan mengkreditnya.

Kredit motor bisa jadi sangat membantu finansial sebagian orang. Namun di lain sisi, bisa juga jadi penghancur keuangan Anda setiap bulannya kalau tidak serius dalam menyikapinya. Supaya tidak salah langkah kala mengambil kredit motor, simak beberapa tips membayar angsuran kredit motor supaya bisa selalu tepat waktu.

1. Jadikan Cicilan Sebagai Prioritas

Kala sudah menandatangani kontrak dengan leasing, seharusnya Anda juga menjadikan kredit motor sebagai sesuai yang serius. Karena itu, ada baiknya selalu menjadikan cicilan tersebut sebagai skala priorotas. Jangan pernah sekali-sekali mengganggu penghasilan Anda yang disisihkan untuk membayar cicilan motor.

Kalau memang mau mengadakan perombakan anggaran pengeluaran rutin bulanan, sebaiknya mengambil dari kebutuhan lainnya. Karena itu, tidak disarankan untuk mengambil tenor cicilan terlalu lama. Dengan mengambil tenor jangka pendek, Anda pun bisa lebih kreatif dalam mengatur keuangan tanpa perlu dibebani oleh tagihan bulanan.

2. Buat Tanggal Penagihan Tidak Jauh dari Tanggal Gajian

Setiap orang punya tanggal gajian yang berbeda. Namun, sebagian besarnya selalu jatuh di akhir bulan. Pengaturan tanggal ini yang harus dipikirkan kala pertama kali memulai perjanjian kontrak pemilikan kendaraan bermotor. Anda harus mempertimbangkan tanggal gajian dengan tanggal penagihan cicilan, serta tanggal jatuh tempo.

Masukan untuk Anda, pilih tanggal awal penagihan 2-3 hari sebelum tanggal gajian. Dengan begitu, Anda akan selalu bisa membayar tepat waktu saat uang bulanan masuk ke rekening Anda. Pastikan juga untuk mengatur tanggal jatuh tempo dua minggu setelah tanggal penagihan awal. Itu buat Anda tidak khawatir saat melewatkannya dua atau tiga hari setelah tanggal gajian.

3. Terima Tagihan Lewat Email

Biarpun kelihatannya sepele, email ternyata lebih ampuh untuk mengingatkan seseorang ketimbang SMS atau what’sapp. Sebagian besar leasing pasti menanyakan pengiriman tagihan setiap bulannya. Mungkin akan sedikit mengganggu, tapi alangkah baiknya kalau Anda membuat lebih dari satu pengingat. Pastinya, salah satunya adalah email.

Tagihan di email pastinya lebih tersimpan baik dan kamu bisa membukanya dari smartphone atau laptop. Kalau pun sudah tertimbun dengan banyaknya email lain, Anda pun bisa dengan mudah mencarinya di kolom search dengan mengetik kata “tagihan”.

4. Barengi dengan Pembayaran Kebutuhan Lainnya

Setiap bulan Anda pasti wajib membayar banyak tagihan, termasuk listrik, air, asuransi, hingga cicilan motor. Supaya tidak ada yang terlewat, lakukan semua pembayaran dalam satu waktu. Buat daftar tagihan setiap bulan dan lakukan pembayarannya masing-masing.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa juga mengandalkan fitur autodebet untuk membayar semua tagihan. Namun, tetap pastikan pemilihan tanggal pendebetan tidak jauh dari tanggal gajian. Dengan uang yang sudah didebet, kamu pun tidak akan terlewat hingga tanggal jatuh tempo.

5. Pilih Tempat Termudah untuk Membayar Cicilan

ATM pastinya bukan lagi jadi tempat terbaik untuk membayar cicilan, apalagi kantor cabang dari leasing. Membayar melalui internet banking atau aplikasi yang menyediakan fitur pembayaran cicilan kredit multifinance. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengantre dan bisa melakukannya di rumah atau di mana pun.

Traveloka pastinya bisa kamu jadikan pilihan untuk bayar angsuran kredit motor kamu. Selain bisa menyediakan tiket pesawat ke destinasi terbaik dan tempat booking hotel yang cepat, Traveloka juga menyediakan layanan multifinance yang memudahkan Anda untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Anda tingga membuka website Traveloka dari komputer dan kamu bisa melakukan pembayaran kapan saja, 24 jam. Jadi, Anda bisa bayar angsuran kredit dengan cepat bahkan di masa-masa akhir sebelum jatuh tempo jika ternyata Anda terlalu sibuk sebelumnya.

Traveloka bekerja sama dengan banyak leasing kendaraan bermotor, mulai dari FIF, Mega Finance, BAF, dan WOM Finance untuk kepemilikan kendaraan bermotor. Sekarang kamu bisa nyaman membayar cicilan multifinance dengan Traveloka.

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia

Reporter: Sponsored
Editor: cecilia valencia