Dompu Diguncang Gempa 5,2 SR

Ilustrasi gempa. Medcom.id

Jakarta: Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) mengguncang Dompu, Nusa Tenggara Barat, malam ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, gempa terdeteksi pukul 21.26 WIB. Setelah melakukan pemutakhiran data, BMKG menyatakan magnitudo gempa berkekuatan 4,8. 

Titik koordinat gempa ada di 9,57 Lintang Selatan dan 118,02 Bujur Timur. Pusat gempa ada laut, tepatnya di 124 kilometer barat daya Dompu dengan kedalaman 10 kilometer. 

Rahmat menjelaskan, gempa bumi dangkal ini akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke Lempeng Eurasia.  Hasil analisis BMKG, gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar normal.

Rahmat mengatakan, gempa bumi terasa hingga ke wilayah Bima dan Sumbawa. BMKG belum mendapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. 

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat di Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.

Hingga pukul 21.40 WIB, BMKG belum melihat adanya aktivitas gempa bumi susulan. BMKG pun mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar.

(AGA)