Pemkot Denpasar Gelar Lomba Ogoh-ogoh Jelang Nyepi

Ogoh-ogoh diarak saat Festival Ogoh-Ogoh di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (18/3). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Denpasar: Pemerintah Kota Denpasar, BaliĀ  menggelar lomba ogoh-ogoh atau boneka raksasa menjelang hari suci Nyepi pada 7 Maret 2019. Antusias anak muda Denpasar dalam membuat ogoh-ogoh sudah terlihat di beberapa kawasan banjar.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram mengatakan, lomba ogoh-ogoh tersebut sebagai bentuk penyaluran kreativitas anak muda dalam menyambut hari suci Nyepi.

“Di Kota Denpasar dalam tahun politik ini tetap melaksanakan lomba ogoh-ogoh untuk melestarikan adat dan budaya serta kreatifitas anak muda Denpasar,” kata Ngurah Mataram di Denpasar, Bali, Kamis, 10 Januari 2019.

Ngurah Mataram mengatakan, Pemkot Denpasar sangat mendukung kreatifitas anak muda terlebih dalam pembuatan ogoh-ogoh yang juga sebagai bagian dari ekonomi kreatif.

Ia mengatakan terkait dengan tahun politik ini, pihaknya telah merancang kriteria lomba ogoh-ogoh serta melarang pembuatan boneka raksasa yang bermuatan politik.

Sementara dalam menjaga keamanan dan kenyaman bersama dalam pawai dan lomba ogoh-ogoh, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh komponen lembaga adat, dinas, dan aparat keamanan di Kota Denpasar.

“Lomba ogoh-ogoh ini tetap dilaksanakan, namun kriteria lomba tetap mengacu seperti tahun sebelumnya dan tidak boleh berbau politik,” pungkas Ngurah Mataram.

(DEN)