Pemkot Kotamobagu Canangkan Gerakan Tumbler

Manado: Pemerintah Kotamobagu, Sulawesi Utara, mencanangkan gerakan tumbler untuk mengurangi sampah plastik. Gerakan itu muncul setelah Kotamobagu meraih gelar kota bersih dan sehat melalui Piala Adipura.

“Saya imbau seluruh masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan kantong sampah plastik. Untuk memulai ini maka dicanangkan (gerakan) tumbler atau botol air minum sebagai upaya pengendalian dari sampah plastik,” kata Tatong, Jumat, 18 Januari 2019, di Kotamobagu.

Menurut Tatong, Adipura yang diraih merupakan milik seluruh warga. Hal itu juga merupakan komitmen dan hasil kerja keras masyarakat dengan pemerintah untuk mewujudkan Kota yang bersih dan sehat.

Untuk itu, dia menuturkan, gerakan penggunaan tumbler ini sebagai bagian solusi untuk mengurangi sampah plastik. Baik berasal dari kemasan makanan, minuman maupun sampah barang belanjaan lain. 

“Ke depan kita akan menghadapi lagi penilaian kebersihan kota, dan itu nanti ada indikatornya serta komponen penilaian terhadap kabupaten dan kota penerima penghargaan Adipura,” imbuhnya.

Menurutnya, penilaian Adiputa nanti kemungkinan tidak hanya sekadar penilaian kebersihan dan keasrian. “Tapi juga akan dinilai dari segi upaya penanganan pemerintah daerah dan dukungan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang di dalamnya terkait dengan persoalan pengendalian sampah plastik,” pungkasnya.

(RRN)