Upah Petugas Kebersihan Banjarmasin Naik 50%

Ilustrasi suasana kota Banjarmasin. MI/Safir Makki

Banjarmasin: Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasi menaikkan honor para petugas kebersihan sebesar 50 persen pada 2019. Peningkatkan tunjangan petugas kebersihan ini dari Rp1 juta menjadi Rp1,5 juta per bulan

“Peningkatan kesejahteraan ini sebagai apresiasi Pemkot Banjarmasin karena kinerja para petugas kebersihan ini telah membawa daerah ini kembali meraih penghargaan Adipura,” kata¬†Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan, di Banjarmain, Rabu, 16 Januari 2019.

Petugas kebersihan dinilai berperan besar membawa Banjarmasin meraih penghargaan Adipura Kirana empat kali beruntun sejak 2015. Selain sebagai apresiasi, Ibnu ingin pekerja kebersihan semakin termotivasi.

Lebih dari seribu petugas kebersihan menangani Banjarmasin yang memiliki luas wilayahnya sekitar 98 kilometer persegi dan berpenduduk lebih dari  750 ribu jiwa. Produksi sampah di Banjarmasin yang lebih dari 500 ton per hari perlu penanganan ekstra.

Penanganan produksi sampah di ibu kota Kalimantan Selatan ini dimaksimalkan melalui pengelolaan di TPS 3R atau Tempat Pengelolan Sampah Terpadu (TPST).

“Lebih sepuluh titik di daerah kita ini TPST, fungsinya cukup besar membantu penanganan sampah, yakni dengan sistem daur ulang,” ujarnya.

Banjarmasin memiliki 200 unit bank sampah yang tiap bulan dapat mengelola sampah daur ulang berton-ton.

(SUR)