Wanita Berbobot 350 Kg asal Palangkaraya Dibawa ke RS

Palangka Raya: Titi Wati, 37, perempuan obesitas berbobot 350 kilogram, dibawa dari rumahnya di Jalan George Obos 25, ke Rumah Sakit Umum (RSUD) Dorrys Sylvanus, Palangkaraya, Jumat, 11 Januari 2019. Titi Wati bisa dikeluarkan dari rumah setelah petuga menjebol pintu dan jendela rumahnya.

Pintu dan jendela dijebol karena tubuh Titi Wati lebih lebar dari pintu utama. Titi Wati juga harus ditandu karena sudah bertahun-tahun perempuan dia hanya bisa tidur tengkurap. Butuh 20 petugas pemadam kebakaran untuk menggotong Tati Wati.

Titi Wati bersyukur dan berterima kasih telah diperhatikan. “Saya siap lahir batin menjalani semuanya,” kata Titi Wati.

Titi Wati dikawal katat selama dalam perjalanan dari kediamannya ke RSUD Dorrys Sylvanus. Wakil Direktur RSUD Dorrys Sylvanus Bidang Kemitraan dan Pendidikan Theodorus Sapta Atmaja mengatakan, Titi Wati akan ditempatkan di ruang khusus di kamar Adelwais Nomor 25.

Menurut Theodorus, Titi Wati akan masuk ruang operasi pekan depan. Tindakan operasi akan difokuskan pada bagian lambung. Lewat operasi ini diharapkan bobot Titi Wati akan menyusut  15-20 kilogram tiap bulan.

“Volume lambungnya akan berkurang hingga 50%,” kata Theodorus.

Tindakan operasi melibatkan dua dokter bedah, satu dokter anastesi, dan 3 perawat. Mereka didatangkan dari Bali. “Masih dikoordinasikan. Kalau sudah siap, tim dokter segera ke Palangkaraya,” terang Theodorus.

(ALB)