Warga Sulawesi Utara Diimbau Waspada Bencana

ilustrasi Medcom.id.

Manado: Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir terus melanda wilayah Sulawesi Utara beberapa hari belakangan ini. Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw mengimbau agar warga yang berada di wilayah aliran sungai dan rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Sebelum terjadi bencana segeralah mengungsi ke daerah yang lebih aman sehingga ketika terjadi ancaman bencana alam seperti banjir dan longsor warga sudah berada di lokasi yang aman dari bencana,” kata Steven di Manado, Selasa, 15 Januari 2019.

Steven menjelaskan, cuaca ekstrem yang sedang melanda daerah Sulawesi Utara harus segera diantisipasi agar sampai memakan korban. Dia ingin seluruh pihak terkait merapatkan barisan dalam menanggulangi cuaca ekstrem tersebut.

“Untuk stakholders terkait seperti BPBD, Dinsos, Dinkes, PU, juga harus siap dan sigap memberikan bantuan bagi masyarakat jika terjadi bencana,” pungkas Steven.

Senada, Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastian pun mengimbau agar warganya mewaspadai banjir dan tanah longsor. 

Bastian mengajak masyarakat terus waspada akan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Mengingat pada kondisi cuaca yang sama, Manado pernah dilanda banjir bandang yang sangat merugikan pada lima tahun lalu.

“Warga Manado, terutama yang tinggal di bantaran sungai harap waspada dan hindari dulu daerah yang rawan bencana longsor,” kata Bastiaan, sesaat memantau debit air di pintu air DAS Tondano dari ruang Cerdas Command Center Pemkot Manado.

(DEN)